Air compressor screw

Prinsip dan Cara Kerja Screw Compressor

Pertama, kita harus mengetahui pengertian kompresor secara umum terlebih dahulu. Kompresor adalah suatu peralatan mekanik yang digunakan untuk meningkatkan tekanan fluida yang berupa udara atau gas. Secara mudahnya, cara kerja kompresor adalah dengan cara menghisap udara kemudian dipadatkan dalam sebuah ruang bertekanan tinggi. Peningkatan tekanan tersebut lalu dipakai untuk memenuhi kebutuhan fluida bertekanan yang diperlukan oleh suatu sistem. Dalam skala yang lebih besar kompresor digunakan pula dalam dunia industri.

Apa itu Air Screw Compressor?

Screw Compressor atau kompresor sekrup adalah salah satu jenis kompresor yang sering digunakan di dunia industri. Kompresor sekrup atau air screw compressor berfungsi untuk menghasilkan udara bertekanan pada mesin-mesin pabrik atau gedung. Kompresor jenis ini banyak dimanfaatkan berbagai jenis industri untuk proses produksi dan operasionalnya. Industri yang menggunakan kompresor sekrup ada industri keramik, pusat pembangkit listrik, industri makanan dan minuman juga dimanfaatkan pada industri kimia.

Baca juga: Pengertian dan Cara Kerja Kompresor Angin

Prinsip dan Cara Kerja Screw Compressor

Screw Compressor ini menggunakan 2 screw yang berputar dalam ruang screw yang dinamakan dengan Air End. Dua screw ini berputar digerakkan oleh motor. Setelah itu, perputaran 2 rotor screw ini akan menghasilkan hisapan pada intake valve dan menghasilkan udara bertekanan lewat lubang keluaran atau discharge.

Air Compressor Screw

Gambar 1 Screw Compressor

Udara yang bertekanan tadi dialirkan masuk ke dalam tangki separator. Fungsinya untuk memisahkan udara bertekanan dengan oli, dalam tangki separator terdapat separator foam, sejenis busa, yang fungsinya menangkap partikel oli saat campuran oli dan udara lewat separator tersebut. Oli akan jatuh ke dasar tangki, sedangkan udara akan lewat separator dan masuk ke tahap selanjutnya.

Udara bertekanan yang keluar dari tangki ini bersuhu kisaran 80-90 derajat celsius, sehingga perlu pendinginan lagi sebelum dikeluarkan melalui air discharge.

Sebelum masuk ke air cooler atau pendingin udara, udara yang sudah terkompresi dialirkan lagi ke filter udara yang memiliki kepresisian lebih tinggi lagi agar udara semakin terbebas dari partikel oli.

Baca juga: Keuntungan Finansial dari Sewa Kompresor

Tipe Rotary Screw Compressor 

Tipe dari rotary screw compressor dibagi berdasarkan cara kerjanya :

Oil Free

Tipe ini tidak perlu diinjeksikan oil ke area screw untuk proses sealing dan pendinginan di area screw karena penggunaan udara kompresi yang dihasilkan harus bebas dari oil.

Oil Flooded

Kedua, tipe oil-flooded yang mana di area screw diinjeksikan oil yang berfungsi sebagai media pendingin dan sealing, udara kompresi yang dihasilkan akan sedikit tercampur dengan oil melewati oil separator untuk dipisahkan antara udara dengan oil tersebut. Oil yang terserap oil separator akan difilter dan kembali disirkulasikan ke sistem.

Keuntungan dari kompresor screw tipe oil-flooded adalah tekanan dan kapasitas udara kompresi yang dihasilkan lebih besar, karena ada proses pendinginan di area screw. Sedangkan, untuk tipe oil-free, udara kompresi yang dihasilkan lebih bersih karena bebas dari oil. Jadi, tidak dibutuhkan proses separasi antara udara dengan oil seperti pada tipe oil-flooded.

Nah, itulah informasi tentang screw compressor mulai dari pengertian sampai dengan prinsip dan cara kerjanya. Tentu saja, pemilihan jenis kompresor yang akan digunakan harus sesuai dengan kebutuhan.

Raja Angin Indonesia sebagai perusahaan spesialis sewa kompresor, service dan jual beli terbaik siap melayani kebutuhan kompresor anda. Kami melayani berbagai macam kebutuhan kompresor untuk industri. Berpengalaman dalam melayani sewa kompresor untuk berbagai proyek di beberapa perusahaan di Indonesia.

Segera hubungi layanan kami 

Melalui nomor dibawah ini:

Call Center                                                        Whatsapp

      081218128082                      Chat Sekarang

 

Artikel terkait

5 Alasan Pentingnya Sewa Kompresor

Penggunaan dan Jenis Kompresor dalam Industri